Sabtu, 06 Juli 2013

Istilah Penting Dalam Twitter


Istilah Penting Dalam Twitter


Sebagai pengguna Social Media, seperti mikroblog yaitu Twitter, selayaknya kita mengetahui istlah-istilah penting yang digunakan dalam platform tersebut. Kali ini kita akan membahas istilah-istilah penting dalam berinteraksi di jejaring social Twitter.
Sebenarnya telah banyak situs yang membahas istilah penting dalam Twitter, namun ada hal yang membuat saya untuk mengulasnya kembali.
Suatu ketika membuat saya kaget, seorang yang mengaku Pembicara Internet Marketing karbitan tapi dalam berinteraksi di Twitter tidak mengetahui beberapa istilah yang digunakan dalam Twitter seperti Hastag dan DM, sangat disayangkan.
Maka dari itu kita akan kembali mengulas tentang istilah-istilah yang kerap digunakan dalam berinteraksi di Twitter. Berikut ini adalah beberapa istilah penting yang harus kita ketahui sebagai pengguna Twitter:
Tweet : yang 1 ini kalau ga tau maksudnya, oh sungguh terlaaaalu. Dalam bahasa Indonesia Tweet memiliki terjemahan kicauan, sedangkan dalam Twitter Tweet berarti segala sesuatu yang kita post di Twitter, baik itu berupa tulisan, gambar maupun video.

ReTweet (RT) :Jadi gini, di Twitter itu cuma ada RT tapi tidak ada RW :D Jadi kekuatan dari RT itu sangat dahsyat.
ReTweet adalah mengulang apa yang ditweet oleh orang lain, sehingga tweet tersebut akan terlihat oleh follower dan begitu seterusnya maka dengan meng-RT sebuah tweet akan menyebar kemana-mana.
Penulisan ReTweet yaitu dengan cara menambahkan RT pada tweet diikuti dengan @(username) dan kata-kata yang ingin diulang.
Hash Tags : karena Twitter hanya menyediakan 140 karakter untuk berkicau, maka akan sulit untuk menelusuri tweet yang bersambung, misalnya membahas sebuah topik yang spesifik tentang Capricorn, maka digunakanlah Has Tags, penggunaan dengan cara menambahkan karakter (#) di kata Capricorn menjadi #Capricorn.

Selain itu kita akan mudah menelusiri tweet yang mempunyai topik tertentu, misal #Capricorn, ketika disearch tweets tentang Capricorn akan ada di list hasil pencarian.
TrendingTopics (TT) : topik yang sedang heboh dibicarakan oleh Tweeple (pengguna Twitter) pada saat ini (real time). Misalnya pada post ini dipublis TrendingTopics (TT) untuk kawasan Indoesia adalah Hahaha :D dan Sunday Morning.
Sementara itu untuk TT dunia adalah #ireallymiss, #SignsThatILoveYou, #cuandoerapequeño, National Hug Day. Topik yang sering dibicarakan oleh Tweeple Indonesia sering masuk TT dunia lho. Secara Tweeple Indonesia cukup mendominasi.
Direct Message (DM) : seperti hal nya Private Message (PM), di Twitter ada istilah Direct Message yang disingkat DM. Pengiriman pesan pribadi yang tidak ingin dibaca oleh Tweeple lainnya, Lebih jelasnya lihat gambar dibawah:

Ingat, Anda hanya bisa mengirim pesan (Direct Message) hanya pada pengguna yang mengikuti Anda. Dan ini berlaku sebaliknya.
Berkut ini adalah istilah Twitter lainnya:
§  Twitterstream: Twitter timeline.
§  Twebay: Jualan di Twitter.
§  Twaffic: traffic di Twitter.
§  Twittastic: Twitter fantastic.
§  Twitosphere: Komunitar Tweeter
§  Twead: Membaca Tweet di Twitter
§  Twitticisms: Sebuah Tweet yang lucu.
§  Tweetheart: Kekasih hati di Twitter.
§  Twittertude: Sebuah sikap buruk di Twitter
§  Twapplications: Aplikasi untuk mengakses Twitter.
§  Twis: Sikap kurang menghormati seseorang di Twitter
§  Tweet Back: Membicarakan kembali Tweet yang sudah lama.
§  Microblog: Twitter adalah kegiatan nge-Blog namun dalam karakter terbatas yakni 140 karakter, itulah kenapa Twitter disebut microblog
§  Mistweet: Kesalahan mengirim Tweet. Tanpa sengaja mengirim Tweet pada follower.
§  Tweeps: Teman-teman anda selain di Twitter juga di Jejaring sosial lainya, misal Facebook, Friendster atau MySpace
§  Twaiting: Tweet yang dikirim saat sedang menunggu seseorang atau sesuatu, misal saat sedang menunggu pesawat di airport.
§  Twalking: Tweet yang dikirim saat anda sedang jalan-jalan.
§  Dweet: Sebuah tweet (update) yang dikirim dalam keadaan “mabuk”, Dweet kemungkinan besar akan menjadi semacam Mistweet.
§  Nudge: Sebuah sinyal/pemberitahuan pada seseorang di Twitter untuk mengupdate status terakhir.
§  Twitpocalypse: Sebuah topik atau moment di Twitter yang membuat Twitter Client mengalami crash.
§  Twittercal mass: Sebuah reaksi besar-besarnya atas sebuah topik di Twitter, seperti yang menimpa terhadap salah seorang artis cantik di Indonesia.
§  Twitterphobe: Orang yang takut bergabung dengan Twitter
§  Twitterphoria: Rasa senang saat seseorang yang anda follow, akhirnya menjadi Follower anda.
Seiring waktu berjalan dan semakin berkembangnya teknologi informasi, maka istilah-istilah dalam menggunakan Twitter bisa saja bertambah. Semoga bermanfaat, kalau ada yang ingin menambahkan silahkan tambahkan lewat kolom komentar :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar